Ordinary Me

‘writting nonsense just to keep sane’

Semangat UAS! :) November 30, 2010

Filed under: celoteh gak jelas,tentang anak — hawe69 @ 6:40 AM

Minggu ini , dimulai dari Senin kemarin, UAS (Ujian Akhir Semester) pertama my lil’boy. Gw sudah dengar dari tahun-tahun yang lalu dari teman-teman yang sudah ‘duluan’, kalau hari-hari seperti ini menguras tenaga dan pikiran karena harus membimbing anak belajar.

Karena anak gw tuh baru kelas I SD, materi ulangannya belum terlalu banyak, jadi masih bisa tunggu belajarnya setelah gw pulang kerja. Cuma perlu 1-2jam saja, jadi tidak menyita waktu terlalu banyak. Lain halnya dengan anak temen gw yang sudah 6 SD, katanya harus mencicil bahan ulangan dari seminggu sebelumnya.

Alamak! stress sekali jadi murid jaman sekarang. Orangtuanya juga ikutan stress yah. Stress karena tidak ngerti lagi pelajaran sekolah karena otak sudah lama terkondisikan untuk cari duit! hahaha. Stress karena harus menghadapi ketidak disiplinan anak, termasuk pas saat anak jenuh untuk belajar dan bilang “Ma, aku ngantuk”, “Ma, kapan sih kita ke Mol?”..dst dst..

Gw jadi ingat waktu gw masih sekolah dulu dan ada Ujian Semester, kayaknya santai aja. Apalagi pas tingkat SMA , kayaknya gak pernah belajar di rumah deh biarpun ada ulangan atau ujian semester. Gw gak ingat kalau nyokap gw harus membimbing gw belajar ? Sepertinya tidak pernah. Yang gw ingat, beliau selalu bilang, kalau gw bisa belajar sendiri, kagak susah. Mama lebih sering membimbing kakak yang katanya otaknya lebih bebal…hehehe. (Paragraf ini terkesan narsis, menunjukan kalau gw cerdas!…well, atleast smarter than my brother! Hahaha)

Sebenarnya kuncinya ada pada saat belajar di kelas sehari-hari. Menurut gw, asal kita memperhatikan apa yang diajar oleh guru setiap hari, dan mengerti semua ajarannya, pada saat ulangan gak perlu sampai mati-matian menghafal atau mengulang kembali materi pelajaran. Kecuali soal ulangan yang keluar ternyata belum diajarkan oleh sang guru.. nah.. itu mah pasti rata-rata kelas jelek deh.

 Kalau disekolah lil’boy sekarang nih, sebelum ulangan biasanya guru kelas kasih latihan ulangan umum. Ini mungkin untuk kepentingan sekolah juga kali yah. Karena kalau rata-rata kelas jelek, akan  ada pertanyaan apakah gurunya yang tidak bisa ngajar? Sepertinya guru sekarang tidak sama seperti dulu. Karena banyak orang tua yang kritis, bawel soal pendidikan, mereka harus benar-benar tahu cara mengajar yang baik. Tidak seperti guru jaman dulu (apalagi guru bahasa Inggris SD gw!) yang bawa penggaris panjang setiap ngajar.. kalau ada yang gak nyimak…selepettttt !! merah deh badan!! Hahaha.

Jadi, semoga nilai UAS nya bagus semua yah.. dan untuk para mommy: FIGHTING!!!! *tangan mengepal ngacung ala K-drama* 🙂

 

4 Responses to “Semangat UAS! :)”

  1. nh18 Says:

    Anak-anak saya mulai minggu depan …
    Saya cuma bantu belajar si Bungsu saja …
    Kakak-kakaknya si Tengah dan si Sulung … saya ndak bisa bantu
    hawong sudah ndak ngerti lagi
    heheh

    salam saya

    benar Om.. kalau nanti sudah kelas 7, saya akan kasih ke guru les saja … 🙂
    tidak sampai otak saya ke pelajaran sekarang..sudah karatan..hehehe

  2. Prima Says:

    Duh, mbak, itu adik saya juga, kok siapa yang ujian siapa yg stress…wkakakakakak..justru karena adik saya itu terlampau santai, sampai curiga, jgn2 ntar amburadul nilainya? anak jaman sekarang, pelajaran makin sulit, kok ya masih maen PS, maen hape, ada aja maenannya… @,@’

    mungkin anak sekarang otaknya beda ketimbang anak jaman dulu..katanya kekuatan otak kita cuma terpakai 3persen rata-rata.. nah..anak sekarang 5-10persen kali jadi masih kebagian buat maen-maen PS dll..hahahaha.*teori bloon*

  3. Eru Says:

    Haha sama, semenjak kelas 4 SD ga pernah ulangan.. asal memperhatikan apa yang gurunya jelasin biasanya inget terus.. makanya guru-guru yang “asik” sungguh diperlukan.

    cuma turut prihatin sama ade2 yang masih mesti “menghapal” mata pelajaran yang bejibun ga ketulungan itu, sampai matpel ga penting seperti PPKN (masi ada ga sih?) mesti dihapal 😛

    @eru : masih ada tuh PPKN.. dan katanya memang pelajaran yang paling disebelin karena banyak hapalannya… 🙂

  4. qmuslim Says:

    lajuntutkan belajarnya … 😀 😀


Leave a Reply

