Ordinary Me

‘writting nonsense just to keep sane’

maunya dipanggil apa seh ? :D June 2, 2009

Filed under: celoteh gak jelas — hawe69 @ 4:53 AM

Gw gak tau ini hal yang lucu atau sebenarnya masalah kecil yang dibesar-besarkan. Tapi memang, kata sandang yang salah untuk memanggil seseorang sering bikin orang tersebut tersinggung.

Karena kita tinggal di Indonesia yang mengenal banyak suku, ras dan budaya, kata sandang yang kita punya tuh lumayan banyak.

Seperti : Pak, Bu, Om, Tante, Koh, Enci, Mbak, Mas, Teteh, Babe, Nyak, dll.

Belum lagi di lingkungan keluarga, masing-masing suku beda-beda cara manggilnya.

Nenek aja bisa dipanggil Oma, Popoh. Adik atau kakak dari orang tua juga beragam cara manggilnya, tergantung siapa yang lebih tua.

Ih, di tradisi Chinese tuh.. wah, pusing deh nentuinnya, mau manggil adik dari mama dan adik dari papa beda!

Gw jadi ingat pas bokap gw meninggal. Semua sodara dan para tetua yang gw jarang ketemu pada datang. Kepala gw sampe mumet berusaha mengingat, kudu manggil apa yah, biar tidak dianggap kurang ajar.

Akhirnya, gw ambil jalan aman, pake senyum dan manggut-manggut ajah… hehehe

Kalo di English sana, yang paling cuma: Mister, Miss, Madam, atau SirEven, untuk Granma dan Granpa tinggal ditambahin awalan ‘Great’ aja. Jadi berapa kali ‘Great’ berarti berapa kali keturunan.

Simple buanget !!!

Uncle and Auntie yah juga gitu aja, gak ribet urusan dari pihak mama atau papa. Malah manggil nama juga gak dianggap kurang ajar.

Bos gw ajah, yang orang asing nih.. kekeuh untuk minta staff-nya manggil dia dengan first name-nya. Tapi.. yah itu, susah, kebiasaan pake ‘Pak’ boss, jadi kita tetap panggil dia pake awalan ‘Mister’.

Nah, balik ke topik awal, salah pake awalan Pak, Bu ato Mbak, Om bisa bikin orang tersinggung.

Beberapa contoh kasus seperti ini

 Suami cerita pas di lapangan golf, caddy-nya panggil dia dengan sebutan ‘Mas’.

Jadi dia tanya ke gw, “Emang gw item banget yah, sampai dipanggil ‘Mas’?”

Gw jawab, “Lha, emang maunya dipanggil apa ? Dipanggil ‘Engko’ ntar tersinggung, dipanggil ‘Pak’ ntar katanya ’emang gw udah tua’. Yah terima aja lah dipanggil ‘Mas’. Daripada dipanggil ‘Abang’ ?” 

Dan pernah temen gw, yang adalah istri pilot. Ibu rumah tangga yang muda, modis dan sexy. Pas dia antar anaknya les, dipanggil ‘Mbak’ oleh salah satu orang tua murid.

Dan dia tersinggung! hahahaa..

Dia bilang ke gw dan teman-teman lain pas ngumpul, ‘Gak liat kali gue sexy-mom begini, emang kayak mbak-mbak..’

Lah, trus apa toh?? Maunya dipanggil ‘Tante’ gitu… hahahhahaa

 Eh, ngomong-ngomong soal dipanggil ‘Tante’, kayaknya blogger yang ini tersinggung juga tuh kalo ada yang manggil dia ‘Tante’.. wuahahhaa..

Susahnya manusia endonesia..  hahaha.

Kalo pengalaman pribadi, gw pernah dikirain ‘the nanny‘ anak gw! hahahaha..

Makanya, sekarang kalo ke sekolah anak, kudu dandan biar medok! Biar gak dipanggil ‘nanny’!

Trus kalo di kantor, sering dicari oleh klien baru dengan sebutan ‘Pak‘! Karena nama panggilan di kalangan kantor memang nama cowok buanget. Jadi yang belum ber’pengalaman’, pasti kirain gw tuh cowok.

 Tersinggung ? Ah, gak lah.. udah gw anggap hal yang lucu aja.

Asal jangan ada yang manggil gw pake awalan nama-nama binatang ajah yah…. Huahahaha

 

3 Responses to “maunya dipanggil apa seh ? :D”

  1. Hhahahahha…..
    terang aja gue ngamuk dipanggl tante…

    kalo ponakan umur 5 taon sich gpp… tapi kalao anak SMA beda berapa taon doang mah perlu dipeliin kaca mata tuch ehhehehe

    PS. apa krn waktu itu dandan ya maka dipanggil tante…

    sigh.. garuk2 kepala… gak dandan dikira nanny… dandan dipanggil tante… aiiich :p

    tapi kak… hebat gak ambil pusing ama panggilan..
    ya udh gue panggil aja OMA hawe ya huahhahaha

    peaceee…. kaboooor dolo… 😉

    kak ? OMA ? wahahahhaa…
    Tante Eka terlalu menor kali.. hahhahaa
    *pisss juga*

  2. Eru Says:

    Wkwkw 😀

    kayak pas gw ngajar anak baru di kantor kemaren, sebelum mengajar gw uda wanti-wanti buat nggak manggil “bapak” tapi mereka teteup panggil “bapak” >_< yasuwlah ujung2nya pasrah dipanggil "bapak" :-"

    Hooh ni, sibuk mulu jadi ga sempet rapiin tu blog 😀

    gitu yah Bapak Eru..
    wahaha..
    kesannya kalo Bapak-bapak itu: pria pake baju batik, kumis ala pak raden.. hehehe

  3. mas stein Says:

    kalo saya biasa manggil yang cowok mas, yang cewek mbak, ndak peduli dia itu jawa, sunda, arab, cina. soale kalo di jawa itu panggilan menghormati, yang penting niat saya baik, kalo ndak terima yo nasib saya brarti 😆

    ‘tul Mas Stein.. yang penting niatnya untuk ‘tidak kurang ajar’ 😀


Leave a Reply

