Ordinary Me

‘writting nonsense just to keep sane’

apa ini , apa itu… ? August 9, 2008

Filed under: tentang anak — hawe69 @ 5:30 AM

Mulailah fase gw sebagai orang tua yang harus menjawab segala pertanyaan anak yang gampang-gampang-susah.

Kemarin malam, pas nonton Naruto yang versi Indonesia, Naruto bilang mau jadi ninja nomor satu. Anak gw nanya, “Ma, ninja itu apa ?”. Gue jawab, “Ninja itu jagoan orang jepang, jago silat dan berantem-berantem gitu lah”.

Trus, pas dia denger kalimat ‘pahlawan desa ini….’, anak gw tanya lagi, “Ma, pahlawan itu apa ?”. Duh, setingkat lebih sulit dari pertanyaan pertama. Gw jawab, ” Pahlawan itu Hero”, semoga dia ngerti Hero itu apa… ternyata ..”Hero ? apa tuh hero ?”. “Hm, seperti Fantastic-4 tuh, superhero, orang-orang yang ngebelain orang lain, yang melindungi orang lain”. Anak gw manggut-manggut aja.

Trus pas Naruto bilang ,”Aku harus jadi orang yang kuat, lebih kuat”, anak gw nanya lagi, “Jadi lebih kuat kayak apa sih Ma?”. Gw jawab, “Hm, seperti gini contohnya, dulu kamu tidak bisa naik sepeda kan, trus kamu latihan terus, makan yang banyak, jadi lebih kuat deh bisa gowes sepeda”. Tuh anak manggut-manggut lagi.

Gak lama dia tanya lagi, kali ini tidak berhubungan dengan film. “Ma, pulsa itu apa sih ?”… Duh, gimana yah penjelasannya… “Gini, kan kalau kita mau telpon orang harus bayar pakai duit, nah duitnya itu disimpan sebagai pulsa. Jadi kalau telpon dipotong tuh duit atau pulsanya”. Anak gw bilang, ” Oh, kalau gitu kayak si koko kemarin bilang pulsanya habis, berarti harus beli lagi yah Ma, pakai duit ?”. “Ya..begitu deh”…. ngerti secara benar gak yah ni anakama penjelasan gw yang amburadul begitu ???

Berarti walaupun dia sudah bisa hapal dari awal sampai akhir lagu ‘Cinta ini membunuhku’ D-massive, bukan berarti dia ‘ngerti’ semua kata-katanya. Tau gak cara dia menyanyikan lagu pas di line ‘ Kau membuat ku berantakan’ , dia langsung mengacak-ngacak rambutnya.. jadi berantakan..hehehe.

Masih nunggu pertanyaan-pertanyaan dia lagi in near future…. Tantangan bagi gw untuk bisa mencari persamaan kata , arti dari sebuah kata, yang harus dijabarkan supaya sesuai dan dimengerti oleh anak balita.. hm hm… benar-benar gampang-gampang susah.

Advertisements
 

One Response to “apa ini , apa itu… ?”

  1. meltarisa Says:

    Rata-rata jumlah pertanyaan yang diajukan anak kecil dalam sehari : 437.
    Have fun, Kak!

    @Mel : ah yang benar ?? mati aku !! berarti kemarin masih ‘beginner stage’ kali yah..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s